• info@rsmramata.com
  • 0361 9069009

Mata Merah : Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Mata merah dan bengkak merupakan keluhan di organ mata yang sering  dialami. Mata merah adalah suatu gejala yang bisa menunjukkan adanya beberapa penyakit di mata. mata yang berwarna merah jadi untuk mata merah itu sendiri sebenarnya bisa oleh karena proses infeksi atau proses yang bukan infeksi. 

Ketika mengalami keluhan mata merah, kita harus memeriksa sebenarnya merah itu sumbernya dari mana. mata merah dapat terjadi dari beberapa lapisan-lapisan mata. lapisan-lapisan tersebut akan mengalami perubahan warna ketika terjadi suatu infeksi atau suatu keadaan lainnya. lapisanmata yang paling sering terkena  adalah lapisan terluar dari mata yang kita kenal dengan nama konjungtiva. suatu area yang berada di sekitar bagian mata yang berwarna hitam. lapisan konjungtiva yang  mengalami infeksi atau peradangan itu akan berubah menjadi berwarna juga bisa disebabkan oleh infeksi lain di sekitar mata seperti misalnya infeksi pada kornea atau infeksi di bagian dalam dari bola mata yang kita kenal dengan nama uveitis.

kondisi mata merah disebabkan oleh berbagai hal yang harus diperiksakan. penyebabnya bisa jadi hanya sekedar iritasi, infeksi bakteri atau virus, perdarahan di bawah lapisan mata atau kondisi peradangan lainnya. Sebaiknya, kita memastikan di mana sebenarnya sumber infeksi atau sumber peradangan dari mata yang menyebabkan mata itu menjadi merah. Kemudian kita lanjutkan dengan menentukan pengobatan apa yang tepat untuk kondisi mata merah itu. 

Bagaimana cara mencegah agar kita tidak mengalami kondisi mata merah? jadi kalau memang kita beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan kacamata pelindung atau pengaman pada mata, kalau ada penyakit-penyakit lain yang sekiranya kemudian berhubungan dengan mata itu sebaiknya segera memeriksakan diri apabila ada gejala tidak nyaman di mata. Jadi tidak sampai menunggu terjadinya mata merah atau pemberatan kondisi dari penyakit tersebut. 

Sepuluh tips ini mungkin akan berguna untuk mencegahnya

  • 1. Eye hygiene, yaitu rutin membersihkan mata terutama bila terdapat kotoran, bisa menggunakan kapas bersih sekali pakai dan air bersih.
  • 2. Hand hygiene, yaitu menjaga kebersihan tangan dengan cara rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun sebelum maupun sesudah kontak dengan mata. Saat mendesak dan tidak ada wastafel bisa menggunakan handsanitizer atau cairan antiseptik untuk tangan.
  • 3. Hindari dulu pemakaian kosmetik maupun lensa kontak.
  • 4. Hindari menyentuh mata atau mengucek mata.
  • 5. Sementara hindari aktivitas yang berisiko terhadap mata seperti berenang atau melakukan pekerjaan mengebor, menggerinda atau sejenisnya. Bila harus dilakukan, gunakan alat pelindung mata.
  • 6. Sediakan handuk atau alat mandi untuk masing-masing orang, hindari penggunaan bersama!
  • 7. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh dengan baik termasuk istirahat yang cukup dan olahraga.
  • 8. Jaga kebersihan lingkungan sekitar.
  • 9. Bagi yang memiliki riwayat alergi sebaiknya hindari makanan ataupun pencetus terjadinya alergi.
  • 10. Patuh menggunakan obat sesuai anjuran dokter bagi yang sedang menjalani pengobatan rutin mata sebelumnya misalnya pasien paska operasi atau pasien yang butuh pengobatan dalam jangka waktu tertentu, bila memungkinkan dapat berkonsultasi secara online.

Kita sebaiknya tidak menganggap mata merah itu hanya suatu kondisi yang kita remehkan atau gejala ringan. Kemudian membeli obat-obatan secara sembarangan yang akhirnya malah bisa memperberat kondisi mata merah.

Buat sahabat Rahmat mengalami gejala mata merah segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata.Hal ini untuk mencari lapisan mana yang mengalami erubahan warna serta mencari apa penyebabnya Semakin cepat kita mengetahui penyebabnya semakin cepat penanganan yang bisa dilakukan.