• info@rsmramata.com
  • 0361 9069009

Yuk, Lihat Tips Cara Mengatasi Mata Bengkak

Pernah mengalami kelopak mata tiba-tiba membengkak, padahal Anda tidak habis menangis? Hal ini tentu bisa membuat panik, apalagi jika tak kunjung reda dalam rentang 1-2 hari. Secara medis, mata bengkak bisa disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari infeksi, penumpukan cairan, hingga gejala dari suatu penyakit tertentu.

Karena itulah, jika mata bengkak tak kunjung mereda atau bahkan disertai keluhan lain, seperti ada sesuatu yang mengganjal atau penglihatan yang kian buram, Anda harus segera menanganinya dengan tepat. Ada beberapa cara meredakan bengkak di mata yang bisa dicoba, namun sebelumnya alangkah lebih baik jika diketahui apa penyebabnya.

Mengatasi Mata Bengkak

Meski pada dasarnya penanganan terhadap mata bengkak bisa bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk meredakannya. Yaitu:

  1. Membilas dengan Air Bersih

Jika pembengkakan turut disertai dengan gejala mata berair dan belekan, Anda bisa menggunakan air bersih untuk membilas. Hal ini bisa jadi langkah pertama penanganan guna membersihkan mata sekaligus memberikan efek relaksasi.

  1. Mengompres Mata

Setelah dibilas menggunakan air bersih, Anda bisa melanjutkannya dengan mengompres mata. Gunakan kain/kantong kompres yang telah direndam dalam air dingin/es, dan kompres mata selama kurang lebih 15 menit setiap satu jam.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan, jika mata bengkak dikarenakan kista atau bintitan, sebaiknya gunakan air hangat untuk mengompres. Kompres air hangat ini berguna untuk memperlancar penyumbatan kelenjar minyak sehingga nantinya bisa mengurangi pembengkakan. Sangat disarankan untuk mengompres mata sebanyak 4-5 kali sehari.

  1. Lepas Lensa Kontak

Jika Anda adalah pengguna lensa kontak, sebaiknya lepas lensa untuk sementara waktu. Pastikan pula Anda melepasnya dengan menggunakan tangan bersih, agar tidak memperparah iritasi. Selain itu, usahakan hindari aktivitas yang berisiko memperparah pembengkakan, seperti menggosok atau mengucek mata dengan tangan.

  1. Atur Posisi Tidur

Terakhir, cara meredakan bengkak di mata yang bisa dicoba adalah dengan mengatur posisi tidur. Usahakan, ketika tidur, kepala berada di posisi yang lebih tinggi agar air atau cairan tidak semakin menumpuk di area mata.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan mata bengkak yang bisa diterapkan sendiri di rumah. Namun, jika gejala tak kunjung reda, ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter spesialis mata atau rumah sakit mata terdekat. Tak lain, guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, serta agar segera ditangani dengan baik dan tepat.