• info@rsmramata.com
  • 0361 9069009

Waspada! Sakit Mata karena Main HP! Ini Cara Mengatasinya

Di era digital seperti saat ini, semua orang tak terkecuali anak-anak telah menjadikan gadget sebagai barang pokok yang harus dimiliki. Aktivitas sehari-hari pun seolah tidak bisa lepas darinya, bahkan terkadang membuat mata harus terpaku pada layar smartphone hingga berjam-jam.

Pada akhirnya, kecanduan dan ketergantungan teknologi digital ini bisa menimbulkan masalah tersendiri khususnya bagi kesehatan mata. Bagaimana tidak, umumnya, perangkat digital memancarkan cahaya berenergi tinggi berbentuk sinar biru. Paparan cahaya biru ini akan semakin berbahaya jika seseorang terus menerus menatap layar smartphone dalam jangka waktu cukup lama, serta dengan jarak yang sangat dekat. Tak ayal, Anda bisa mengalami sakit mata karena main HP, mata lelah, memerah, kering, hingga berbagai penyakit mata lainnya.

Mengatasi Sakit Mata karena Main Smartphone

Perlu diketahui bahwa ketika mata selalu terpaku pada layar handphone akan membuat ototnya menjadi lelah. Otot mata yang lelah akan mengakibatkan mata menjadi kering, tegang, penglihatan kabur, dan sakit kepala. Dalam banyak kasus, ini memang bukan masalah serius sehingga Anda cukup mengistirahatkan mata atau melakukan aktivitas yang bisa mengurangi ketidaknyamanannya. Akan tetapi, bukan tidak mungkin pula jika nantinya hal ini bisa berujung pada penyakit mata lainnya, utamanya jika tidak ditangani dengan baik.

Nah, bagi Anda yang mengalami mata sakit kebanyakan main HP, berikut cara mengatasinya.

  1. Atur Pencahayaan dan Ubah Kebiasaan

Penanganan sakit mata karena penggunaan gadget bisa dimulai dengan mengubah kebiasaan. Di sini, Anda bisa mengatur pencahayaan, baik cahaya ruangan ataupun layar smartphone. Usahakan, cahaya tidak terlalu terang atau gelap agar mata tidak bekerja terlalu keras yang kemudian akan menyebabkan mata cepat lelah. Untuk layar, bisa ditunjang dengan pengaturan kontras dan pemasangan anti-glare.

Tak hanya itu, Anda pun harus memperbaiki kebiasaan ketika menggunakan gadget. Misal, hindari menggunakan smartphone sembari rebahan, dengan jarak sangat dekat, dan dalam durasi waktu yang sangat lama.

  1. Pejamkan Mata dan Pijat dengan Lembut

Ketika mata mulai lelah atau memerah, itu pertanda bahwa Anda harus beristirahat. Anda bisa tidur sejenak atau memejamkan mata sembari memijat area sekitarnya dengan lembut. Dengan cara ini, otot mata yang awalnya tegang bisa perlahan-lahan relaks dan aliran darah pun akan lebih lancar sehingga bisa meredakan mata lelah. Yang terpenting, untuk sementara, jauhkan handphone atau gadget dari jangkauan agar Anda bisa mengistirahatkan mata dengan baik.

  1. Beri Tetes Mata

Penanganan sakit mata karena main HP juga bisa dilakukan dengan pemberian tetes mata artificial tears. Tetes mata ini digunakan untuk melumasi dan menggantikan air mata sehingga mata tidak kering. Jika sakit mata tak kunjung reda selama kurang lebih tiga hari, lebih baik Anda memeriksakannya ke dokter karena dikhawatirkan terdapat masalah atau gangguan lain.

  1. Kompres Mata

Selain dengan mengistirahatkan mata, mengompresnya dengan air dingin juga bisa membuat relaks. Rendam handuk ke dalam air dingin, kemudian peras dan kompreskan ke area mata. Diamkan beberapa menit hingga mata terasa segar kembali.

 

  1. Lakukan Senam Mata

Cara mengatasi mata perih saat main HP yang juga bisa dicoba adalah melakukan olahraga mata. Anda bisa melakukan beberapa teknik peregangan otot mata, seperti menggerakkannya untuk melihat ke depan, ke kiri, ke kanan, ke bawah, dan ke atas. Usahakan setiap gerakan bola mata untuk satu tarikan napas.

 

Cara lain, Anda bisa menerapkan teknik 20:20:20. Yakni, setelah 20 menit menatap layar, alihkan pandangan untuk melihat objek lain di jarak sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Dengan cara melihat titik terjauh ini, otot mata bisa melemas sehingga bisa mengurangi kelelahan atau tegangan pada mata.

 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mata sakit akibat main HP, dan jika sakit berlanjut sebaiknya hubungi dokter atau RS mata terdekat. Bagi Anda yang berada di Bali, RS Mata Ramata bisa menjadi salah satu pilihan rujukan ketika sakit mata tak kunjung membaik.